>Membumikan Kedamaian Islam 14


>Bismillah, Alhamdulillah, wa Ba’dah.

Menurut Azyumardi Azra, pagi ini di TV-One, Permasalahan agama di kalangan atas, ulama dan cerdik cendekia tidak pernah ada persoalan yang memanas, baik itu permasalahan dalam suatu agama maupun antar umat beragama. Lantas bagaimana dengan kalangan bawah? Mengapa saat ini isu kekerasan bermotif agama semakin memanas?Mengapa pekan ini menjadi pekan yang panas dalam kancah beragama di Indonesia?

Dalam hal ini, islam-lah yang secara spesifik menjadi topik utama, dikarenakan muslim sebagai mayoritas menjadi pelaku dari sekian banyak rentetan kekerasan bermotif agama di Indonesia. Sebenarnya apa yang terjadi?

Islam adalah agama damai, dan penuh kedamaian. Berdasarkan etimologi saja, islam yang bermakna mashdar dari aslama-yuslimu mengisyaratkan bahwa islam adalah ajaran yang membawa kedamaian. Namun nilai kedamaian tersebut sepertinya hanyalah sebuah nilai yang amat tinggi dan melangit, sehingga banyak orang yang tidak bisa menggapai kedamaian tersebut.

Untuk menjadikan pribadi manusia muslim yang penuh damai dan mengutamakan kedamaian, maka bukan manusianya yang dibawa melangit, namun damainya islam-lah yang selayaknya dibumikan. Bukan dengan melambungkan manusia dengan janji-janji langit bagi orang yang menjunjung tinggi perdamaian, namun cukup dengan memberikan fakta akan indahnya perdamaian meskipun di tengah perbedaan.

Banyak ulama yang mencoba memberikan pemahaman terhadap perbedaan dengan menyitir ayat-ayat tertentu tentang perdamaian. Namun ayat tersebut sejatinya hanyalah janji langit. Bukan ayatnya yang salah, namun memang manusia tersebut belum sampai untuk memahaminya karena tingginya ayat tersebut di langit, belum membumi.

Pendidikan akan realitas yang memang tidak bisa dipungkiri lagi adanya perbedaan adalah solusi agar kedamaian dapat tercipta. Bagaimana seseorang mampu memahami adanya perbedaan dan dapat menyikapinya secara dingin adalah solusi terbaik daripada harus melambungkan janji surga akan perdamaian.

Mungkin saat ini islam masih belum tampak sebagai agama damai di indonesia, maka saatnya kita bumikan ajaran damai tersebut agar muslim dapat memahami dan mengamalkan kedamaian tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karenanya, pahamilah adanya perbedaan, sikapi dengan tenang, angkat tinggi nilai toleransi, Hormati hak minoritas, insyaallah kedamaian akan terwujud.

Leave a comment