>Tips tidur nyaman saat khutbah jum’at 31


>Sebagai ummat islam, kita diwajibkan untuk sholat jum’at. Ritualnya dimulai dengan mendengarkan khutbah jumat, dilanjutkan shalat dua raka’at. Namun, diakui ataupun tidak, waktu khutbah jum’at adalah waktu yang paling nyama jika digunakan untuk melepaskan lelah setelah pagi bekerja, dan dilanjutkan lagi saat usai sholat jumat. Apalagi jika khatibnya dalam penyampaian dirasa membawa jenuh, membosankan, dan membuai kita menuju alam mimpi. Nah, berikut saya paparkan tips nyaman untuk tidur saat mendengarkan kutbah jum’at.

Tips nyaman tidur saat khutbah jum’at

1. Berangkat lebih awal.
Ini menjadi tips yang pertama dan utama. Semakin awal anda datang di masjid, maka semakin lama waktu anda untuk tidur. Itulah kenapa kita disunnahkan berangkat awal, salah satunya agar kita bisa tidur lebih lama.

2. Posisi di dekat dinding.
Dengan duduk dekat dinding, memungkinkan kita untuk bersandar dalam tidur. Apalagi jika dekat dinding depan. Cukup menyandarkan kepala di tembok depan, lalu pulaslah kita. Itulah fungsinya shaf/barisan depan lebih diutamakan, agar lebih lelap tidur tentunya

3. Bawa sajadah atau surban
Membawa sajadah ataupun surban ternyata sangat bermanfaat waktu berangkat jum’atan. Dalam perjalanan berangkat ataupun pulang dapat dijadikan tutup kepala agar tidak kepanasan, atau dapat juga dijadikan masker agar tidak menghirup debu. Saat khutbah jum’at dapat dijadikan alas kepala alias bantal saat menyandarkan kepala di dinding agar lebih nyaman, juga dapat digunakan untuk mengusap saat tidur jika tidak terasa liur kita menetes dikarenakan saking lelap dan nyamannya tidur kita. Nah, saat shalat jum’at dapat dijadikan alas shalat agar dahi kita tidak kotor tentunya.

4. HP di silent atau dimatikan
Ini berfungsi selain untuk menjaga ketenangan saat shalat jum’at, juga agar tidak ada yang mengganggu saat kita terlelap tidur. Gak enak donk waktu tidur tiba-tiba HP berbunyi nyaring,, terganggu deh tidurnya.

5. Akhiri jum’atan dengan i’tikaf
Jika tidur saat khutbah dirasa masih kurang, maka setelah shalat segera menata posisi untuk beri’tikaf dilanjutkan tidur siang.

Saat sujud dalam shalatpun juga dapat menjadi alternatif untuk tidur, namun karena waktunya hanya sebentar, jadi sepertinya kurang oke deh..

Nah, itu tadi tips dari saya agar anda nyaman saat tidur ketika mendengarkan ocehan khatib waktu khutbah jum’at. Selamat hari jum’at dan selamat tidur di masjid.

Bagaimana tips dari anda???

Leave a comment