Inti dari Tantra 29


ilustrasi: Harsen.16mb.comTantra adalah sebuah sistem keyakinan kuno yang telah dianggap suci oleh banyak orang sepanjang sejarah. Adalah praktek yang meluas di India kuno dan Tibet. Pengaruhnya juga dirasakan, Tantra sebagai ide dan praktek menyebar ke daerah lain seperti Mesir dan Cina. Tantra sangat lazim antara abad ketujuh sampai abad ketiga belas.

Tantra adalah istilah yang paling sering digunakan untuk mengacu pada filosofi kepercayaan diarahkan untuk membentuk sebuah hubungan spiritual dengan alam semesta. Istilah ini juga mengacu pada tulisan-tulisan suci yang berhubungan dengan keyakinan. Namun, jenis lain dari dokumen tertulis Hindu – seperti yang berkaitan dengan topik ilmiah, medis, dan astrologi – kadang-kadang juga disebut dengan istilah umum Tantra.

Bisa rumit untuk mencoba dan menelusuri sejarah Tantra karena banyak yang terselubung dalam kerahasiaan. Hal ini sebagian karena disalahpahami. Tantra sering dianggap melibatkan ilmu sihir atau ilmu hitam. Bagi pengamat, kurang informasi dari awal kali, mungkin hanya terlihat dan terdengar seperti kegiatan sihir. Tapi Tantra adalah praktek pribadi, yang tidak biasa dibicarakan secara terbuka di depan umum.

Dalam banyak kasus, ajaran dan tradisi Tantra yang lulus langsung dari guru kepada siswa secara verbal (kadang-kadang dengan bantuan alat bantu tak-tertulis seperti seni, musik, dll), sehingga tidak ada banyak bahan-bahan tertulis yang tersimpan untuk generasi setelahnya. Hal ini sangat disayangkan, karena guru Tantra awal mungkin memiliki banyak kearifan mengesankan yang diajarkan. Tantrics/Tantra Modern mungkin bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari pelajaran awal ini. Kelangkaan catatan tertulis juga membuatnya lebih sulit untuk menentukan tonggak tepat dalam evolusi seni suci ini.

Hal ini umumnya diterima bahwa Tantra telah ada setidaknya 3.000 tahun sebelum Masehi, yang berasal dari India. Selama bertahun-tahun, Tantra dalam berbagai bentuk juga telah dipraktekkan di banyak daerah lain di dunia, termasuk Tibet, Cina, dan Korea.

Tradisi Tantra Hindu

Menurut pengetahuan Hindu, Tantra berasal dari komunikasi antara Shiva dan Shakti, mungkin setidaknya 2000 SM atau sebelumnya. Beberapa yang mendengar percakapan itu diwariskan dari guru kepada siswa mereka, dan akhirnya didokumentasikan dalam bentuk tertulis.

Tantra Hindu dan Buddha menempatkan penekanan pada ritual – khususnya, melibatkan ritual seks, makanan, dan anggur. Banyak dari ritual juga sering melibatkan menari, musik, dan bentuk lain dari hiburan.

Untuk lebih lengkapnya, Silakan baca tulisan lainnya:

Sejarah Seks Tantra

Menjadikan Tanra sebagai Jalan hidup

Teknik Seks Tantra

Leave a comment