Kapan Alquran Turun? Lailatul Qodar atau Nuzulul Quran? 4


Sebagai generasi muslim, memelihara alquran tentu menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Pemeliharaan tersebut selain dengan mengaji bacaan dan mengkaji nilai-nilai dalam alquran, juga dengan mengetahui sejarah turunnya alquran. Pada masa ini terdapat kerancuan bersumber dari beberapa orang tentang pemankaan kapan alquran itu turun. Ada yang mengatakan pada malam nuzulul quran, ada yang mengatakan pada malam lailatul qodar dan ada pula yang membenarkan keduanya sebagai bentuk berangsurnya turunnya alquran.

Dalam catatan ini saya hendak menyampaikan sedikit khulashoh tentang kapan waktu turunnya alquran :

 

=================================

1. Yang jelas, Alquran turun pada bulan ramadlan. Hal tersebut didasarkan pada Firman Allah :

 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْءَانُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ * – البقرة : 185 –

“ Bulan Ramadhan bulan yang didalmnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang bathil “ ( QS. Al-Basqarah : 185 ).

 

Dalam catatan saya tentang "Ramadlan, Nuzulul Qur’an dan Lailatul Qodar serta Hukum Memperingatinya", telah saya paparkan bahwa proses turunnya alquran pada ramadlan adalah secara keseluruhan sebelum kemudian diturunkan secara berangsur-angsur.

 

2. Malam turunnya alquran disebut sebagai malam nuzulul quran.

Dalam susunan bahasa arab, nuzul bermakna proses dari turun. Sehingga istilah "Malam Nuzulul Quran" menjadi istilah yang tepat untuk menyebut malam saat turunnya alquran.

 

3. Malam turunnya tersebut diistilahkan pula sebagai malam lailatul qodar dan lailatin mubarokah.

Dasarnya adalah firman Allah :

إِ نَّآ أَنْزَلْنَهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya kami Telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan (Al Qodr 1)

Disebutkan pula bahwa malam tersebut adalah lailatin mubarokah. Dasarnya adalah firman Allah surat adh-Dhukhan ayat 3.

إِنَّآ أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ

Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahidan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. 

 

d

 

Makna dari Qadr adalah kepastian, maknanya adalah hari dimana alquran dipastikan sebagai pedoman ummat manusia dan diturunkan ke langit untuk kemudian diturunkan ke bumi secara berangsur.

 

=================================

 

Terbentuk sebuah silogisme dari pernyataan tentang turunnya quran dimana malam nuzulul quran adalah nama lain dari dari malam turunnya alquran, sedangkan lailatul qodar adalah juga nama lainnya berdasarkan QS Al Qodr.

Sehingga sama saja apakah orang mengatakan Quran turun pada malam nuzulul Quran ataukah lailatul qadr, sama saja. 
 

Permasalahannya adalah kapan dan tanggal berapa malam turunnya quran tersebut? Jawabannya ada pada tulisan saya sebelumnya tentang  "Ramadlan, Nuzulul Qur’an dan Lailatul Qodar serta Hukum Memperingatinya", .

 

Salam Hangat

Leave a comment