Menangkal dan Mengatasi Virus Spam Facebook 7


Virus spam menyebar di Facebook dengan sangat cepat. Akibatnya orang-orang yang terkena spam tersebut akan terus melakukan update status secara otomatis baik di halaman utama maupun di berbagai group yang ia ikuti dengan status yang berisi link penyebaran spam tersebut untuk juga menjaring korban. Ini tentu akan merusak keindahan dan asas manfaat daripada FB sebagai jejaring sosial. Biasanya status tersebut berbunyi sebagai berikut :

Instal tampilan facebook 2013 disini http://kronologi-2013.webng.com/ , Pastinya tampilan facebook kalian jauh lebih keren..

Parah banget , lagi2 pejabat gelo.. mesum sama anak smu.. tonton videonya disini gan —–> http://pejabatmesum.com-goes.com/

Atau

Auto add ribuan teman di facebook 2013…

Auto like komentar di facebok….. bla bla…

Banyak orang yang mengatakan bahwa ini adalah virus instal tampilan facebook 2013, karena cara kerjanya yang seperti virus yaitu jika seseorang meng-klik LINK yang ada di postingan tersebut atau mengomentari pesan tersebut, maka spam tersebut akan secara otomatis mengirimkan pesan (spam) serupa ke semua dinding grup facebook yang diikutinya secara tidak sadar.

Dari beberapa sumber yang saya temui, spam instal tampilan facebook 2013 ternyata mengandung  Worm Koobface atau sejenis virus yang berisi file berbahaya yang dapat mencuri data-data pribadi korbannya. Worm ini dapat bekerja pada perangkat pc ataupun mobile. Dan seingat saya, worm ini juga pernah menyebar di awal tahun 2012 melalui facebook.

Apabila anda belum terkena virus tersebut, saran saya jangan pernah klik link tersebut maupun link lain yang dirasa tidak jelas dan tidak ada previewnya. Juga jangan sembarangan mengisi form ataupun permohonan koneksi aplikasi facebook. Apabila sudah terlanjur terkena, maka solusinya adalah keluar dari aplikasi yang menaungi virus tersebut, diantaranya dituliskan sebagai sony xperia.

Caranya adalah sebagai berikut :

1. MAsuk ke dalam facebook melalui komputer, jangan lewat HP

2. masuk ke menu akun (account), pengaturan aplikasi (Aplication setting). Atau masuk ke https://www.facebook.com/settings?tab=applications

3. Pada aplikasi yang ingin keluar, klik tanda silang atau perintah keluar dari aplikasi tersebut.

Nah, semoga catatan ini bermanfaat untuk dapat membantu anda. Terimakasih.

 

UPDATE.

 

Tambahan contoh virus :

Admin group maaf numpang doa jangan dihapus ya,Doaku untuk sahabat-sahabat facebook indonesia, TUHAN kami berdoa kepadamu, berikanlah kebahagiaan kepada kami semua, berikan kami kesehatan jasmani dan rohani, berikan kami kesuksesan serta petunjukmu agar kami tidak tersesat oleh godaan duniawi, Berikan kami petunjuk agar selalu memiliki jiwa cinta damai kepada tanah air ini. Agar bangsa ini semakin kaya, semakin damai dan menerapkan selalu bhinneka tunggal ika, tuhan bagi kami yg belum bekerja berikanlah kami pekerjaan yg halal, nyaman dan memiliki penghasilan yg dapat memenuhi kebutuhan keluarga kami, agar kami dapat membahagiakan orang orang tercinta……Kirim doa ini kepada teman teman facebookmu dengan mengunjungi situs http://diskusingeblog.webng.com/ agar kita semua saling mendoakan.

Yuk Nonton TV di internet http://tvtopter.blogspot.com/ , Yang pingin Nonton SiLakan di KLik ya, dan ikuti Petunjuk nya , Pastinya tampilan facebook kalian jauh lebih keren..

 

Leave a comment