Tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar 11


Konsentrasi adalah tindakan menggunakan Otak Anda secara maksimal untuk memikirkan sebuah topik tunggal dengan tekanan kuat dan fokus pada hal tersebut.

 
Gelisah, kecapekan dan kelelahan dapat menjadi pertanda kurangnya daya konsentrasi. Tidur yang baik di malam hari akan membantu Anda untuk bersantai. Mengurangi kecemasan dan tidak berkeliaran bersama dengan banyak pikiran dalam benak Anda saat di kelas baik di perguruan tinggi dan di rumah. Cobalah untuk menjadi rileks, tenang dan sabar.

Berikut adalah beberapa poin yang saya ikuti. Semoga beberapa tips ini akan berguna bagi Anda juga.

1. Segarkan diri Anda dengan tidur yang baik di malam hari dan kemudian mengikuti aktifitas kelas. Anda dapat merasa full dan segar setelah Anda rileks.

2. Selalu siapkan silabus sebelum menghadiri kuliah . Jika Anda telah membaca topik setidaknya sekali secara sendiri, akan sangat mudah bagi Anda untuk mengingat fakta dan catatan dosen dan akan membantu Anda untuk memahami materi perkuliahan secara maksimal. Selain itu, Anda akan merasa percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang diajukan di kelas.

3. Duduk dengan tegak. Postur ini memberi Anda kepercayaan diri dan membantu Anda berkonsentrasi pada kuliah.

4. Buat catatan dari setiap poin yang menjadi beban di benak Anda. Anda dapat membuat catatan di buku yang anda miliki. Ini akan membantu Anda untuk mengingat poin yang relevan selama revisi untuk makalah final.

5. Gunakan banyak warna dan beri highlight sebanyak mungkin. Sorot kalimat penting dan kata-kata yang Anda temui yang merupakan kata kunci untuk topik. Gunakan stabilo ataupun polpen warna.

6. Catat di buku – Jangan duduk di depan Komputer dan membuang waktu Anda untuk menunggu agar server untuk bisa terhubung karena anda menyatatnya di internet. Selalu menempel silabus Anda sendiri di buku.

7. Atur Tujuan Anda – Sebaiknya, Buat tabel waktu dengan judul tanggal yang tepat dan dan kawal aktifitas tersebut secara ketat. Pastikan bahwa Anda tidak membodohi diri sendiri. Ingat tidak ada jalan pintas tetapi lakukan untuk bekerja keras.

8. Jadikan meja belajar Anda rapi dan bersih. Hapus semua bahan yang tidak diinginkan dari meja yang dapat mengalihkan perhatian Anda dari belajar. Pasang Time Table yang disiapkan di dinding pada hadapan Anda, sehingga setiap kali Anda melihat maka anda akan melihat tugas anda pada hari tersebut.

9. Ulangi topik pembelajaran, lagi dan lagi. Pengulangan akan membantu otak mengingat nanti.

10. Cobalah untuk membuat Anda mempelajari pengalaman hidup untuk menghargai di masa depan. 

11. Ambil jeda di antara jam belajar. Mungkin 10 menit istirahat setiap 45 menit setelah pembelajaran dan terus menerus akan membantu Anda untuk bersantai . Namun pengaturan waktu belajar harus diikuti.

12. Mendengarkan musik, dengan volume rendah (lebih klasik instrumental atau musik favorit Anda). Tapi, pastikan bahwa relaksasi tidak menjadi gangguan bagi Anda. Buatlah titik untuk menjaga volume serendah mungkin hanya Anda untuk mendengarkan. Hindari menggunakan headphone.

13. Hindari sesuatu yang keras dan mengganggu Anda dari studi. Bahkan jika gangguan tersebut adikmu tercinta. Pastikan untuk menghindari diri dari segala macam gangguan selama waktu belajar.

14. Yoga dapat membantu Anda untuk menjaga pernapasan Anda selaras dan melemaskan otot dan pikiran. Jadi ini bisa menjadi tindakan yang sangat berguna untuk membuat Anda siap untuk penelitian.

15. Cobalah untuk menjadi sehat selalu. Ikuti kebiasaan makan yang baik dan berolahraga dan tetap fit baik secara fisik dan mental. Selalu ingat kehidupan dan pikiran yang sehat hanya ada dalam tubuh yang sehat.

16. Berpikirlah Positif atas Kemampuan Anda-Jangan pernah berpikir bahwa Anda tidak dapat melakukannya. Percayalah pada diri sendiri dan kerja keras yang telah Anda lakukan.

17. Daya konsentrasi dapat ditingkatkan dengan menghabiskan beberapa waktu untuk memecahkan teka-teki. Saya tidak bercanda atau berpikir bahwa saya dan anda sedang kekanak-kanakan. Anda dapat memecahkan Sudoku atau menata kubus Rubik. Ini pasti akan membantu Anda untuk mempertajam daya konsentrasi Anda.

Tidak ada jalan pintas untuk sukses. Selalu ingat bahwa kerja keras yang anda lakukan akan menuai hasil. Tingkatkan iman Anda dan bersikaplah positif. Tuhan membantu mereka yang membantu diri mereka sendiri. Pergi dan bekerja dari hati dan dunia akan menjadi milikmu.

 

Source indiastudychannel.com/experts/22457-how-increase-my-concentration-power.aspx

Leave a comment