Bagaimana Kau Ajari Anakmu Makan? 72


AJARI ANAKMU MAKAN
(parenting for life, life for parenting)

Ajari anakmu makan.
Beritahu mengapa ia harus makan.
Deskripsikan manfaat apa yang didapat dari makan.
Beri gambaran apa yang terjadi jika ia tidak makan.
Gambarkan nikmatnya mengunyah makanan.
Ekspresikan kuatnya tenaga usai menyantap makanan.
Beri tahu pula bagaimana cara makan yang baik untuk diikuti, serta yang tidak baik untuk berhati-hati.
Ajari makanan yang baik untuk dikonsumsi, serta yang tidak baik agar berhati-hati.

Jika kau berhasil, maka secara otomatis ia tahu kapan harus makan, bagaimana cara makan yang baik, dan makanan apa saja yang baik untuknya, tanpa perlu ada paksaan dan tekanan untuk sang anak.

Tentu betapa naifnya aku jika mengajari anak makan sembari berkata “nak, ini namanya bakso urat, kau harus makan ini, kalau kau mau ya baguslah, tapi kalau tak mau rasakan sendiri akibatnya, udah pokoknya makanlah dan saat aku kembali satu jam lagi makananmu harus sudah habis”.

Lebih naif lagi jika aku kemudian bercerita ke tetangga “eh, anakku pinter lhow, udah bisa makan sendiri tanpa aku suapin, makannya banyak pula, untung udah aku ajari makan sendiri, coba kalau tidak”.

Lebih naif lagi jika aku berkata “eh, anakmu dah bisa makan sendiri apa belum? Anakku sih udah, kok anakmu belum bisa makan sendiri ya? Kamu gak pinter ngajarinnya mungkin,”.

Jauh lebih parah lagi jika aku mendatangi anak tetangga sambil bilang “eh, nak, kamu udah bisa makan sendiri apa belum? Pasti belum bisa ya, kasihan banget, lihat tuh anakku yang jadi temenmu, ia udah bisa makan sendiri, hebat deh pokoknya”.

Bagaimana cara anda mengajari anak anda makan?

Leave a comment