Solusi Font Maktabah Syamilah Tidak Terbaca (Menjadi Simbol) Pada Windows 7 11


Maktabah Syamilah, adalah salah satu program perpustakaan digital yang memuat ribuan kitab kuning baik karangan ulama salaf (klasik) maupun ulama kholaf (kontemporer). Materi yang terdapat di dalamnya beraneka ragam kajian Keislaman, mulai dari kajian Fikih, Hadits, Tafsir, Sastra, dan lain sebagainya. Maktabah ini sangat cocok digunakan didunia Pesantren maupun majelis-majelis ilmu organisasi keislaman serta perguruan tinggi keagamaan Islam. Buku-buku yang terkandung didalam program ini seluruhnya berbahasa arab. Sampai saat ini, software tersebut telah membantu banyak tholabul ilmi dalam mencari referensi di bidang ilmu-ilmu keislaman. Entah berapa banyak skripsi, thesis dan disertasi yang ‘memanfaatkan’ kemudahaan fasilitas pencarian di Maktabah Syamilah karena piranti ini memiliki berbagai fitur seperti pencarian cepat, pencatatan, referensi silang, portabel-itas dan berbagai kemudahan lainnya yang tidak didapat pada kitab berwujud fisik biasa.

Sayangnya, tidak sedikit pengguna awam yang mengeluhkan tampilan Maktabah Syamilah yang pada bagian menu tidak terbaca sebagai teks arab, namun malah memunculkan simbol-simbol yang entah apa artinya. Khususnya adalah pengguna Maktabah Syamilah versi 2.XX, adapun bagi pengguna versi 3.XX hal tersebut mungkin tidak lagi ditemukan. Bagaimana solusinya?

Untuk mengatasinya, ikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka Control Panel.

2. Klik pada Clock, Language, and Region

3. Klik lagi pada Region and Language.

4. Pilih tab Administrative > klik Change system locale.

5. Ganti Current system locale menjadi arabic > klik OK.

Komputer akan meminta Restart, setelah itu anda dapat membuka kembali Maktabah Syamilah anda. Apakah sudah terlihat hasilnya?

 

Semoga Bermanfaat

Leave a comment