Pentingnya Pendidikan Massa Di Tengah Bencana 2


Sebelum memulai tulisan ini, saya ucapkan turut berduka cita atas peristiwa yang terjadi di Sarinah. Kita semua mengutuk terorisme, dalam bentuk dan alasan apapun. 

Melihat siaran baku tembak antara polisi dan teroris di MH Thamrin, ada suaru hal.yang menurut saya janggal, yakni masyarakat yang menonton peristiwa penembakan tersebut dari jarak yang sepertinya tidak terlalu jauh sehingga membahayakan keselamatan mereka.

Sebegitu parahkah tingkat KEPO masyarakat kita, hingga untuk.memuaskan dahaganya sampai berani mempertaruhkan keselamatan sendiri? Untuk itulah pentingnya pendidikan massa, yakni tentang bagaimana masyarakat harus bersikap apabila terjadi peristiwa yang berlangsung di tengah masyarakat. Hal tersebut penting, apalagi di era masyarakat yang cukup KEPO

= saat ada baku tembak, masyarakat mungkin lupa jika posisi mereka sangat berbahaya, apalagi jika dalam area raius jangkauan tembakan peluru

= saat ada kecelakaan, tak jarang kendaraan yang berjalan pelan karena penasaran akan kondisi korban malah menghambat jalannya ambulan yang seharusnya segera datang untum menyelamatkan nyawa korban. Bayangkan perasaan keluarga jika nyawa korban tak dapat diselamatkan akibat ambulan terlambatbdatang dikarenakan jalanan macet dipenuhi masyarakat yang kepo.

= saat ada peristiwa kebakaran, sering kali truk damkar tak bisa masuk ke perkampungan karena selain faktor sempitnya akses masuk perkampungan, juga karena jalanan dipenuhi warga yang hendak menonton, seolah peristiwa kebakaran rumah (selain rumahnya sendiri atau keliarganya) adalah sebuah tontonan gratis yang tak boleh terlewatkan.

Leave a comment