Selamat Tahun Baru 2016 Masehi 74


Tidak terasa kalender kita harus berganti lagi… Tahun 2015 telah berganti menjadi Tahun 2016 Masehi. Kalender Masehi berasal dari kalender matahari (solar calender) bangsa Romawi yang dimapankan oleh Julius Caesar 45 tahun sebelum kelahiran Isa.

Di belakang hari, umat Kristen membakukan perhitungan tahunnya dimulai dari tahun kelahiran al Masih Isa as. Semenjak itu dikenallah ia dengan sebutan Kalender Masehi atau kalender Kristen.

Jalan sejarah peradaban dalam 5 abad terakhir telah mengarahkan kita dan hampir seluruh manusia saat ini utk menggunakan kalender masehi. Maka hampir seluruh peristiwa dan aktivitas kita: lahir, khitan, sekolah, bekerja, gajian, kawin, transaksi, rapat, dies natalis, jadwal salat, dan mati, semua dicatat dalam kalender Masehi.

Sementara itu kalender hijriah yang sering disebut Kalender Islam, kita fungsikan hanya sebagai Jadwal Hijriah. Jadwal itu pun kadang masih berhias ‘perbedaan tanggal”. Walau secara syar’i kalender masehi bukan kalender ibadah kita, namun hampir seluruh aspek kehidupan sosial kita saat ini telah sedemikian rupa kita atur skedulnya berdasarkan kalender tersebut. Bahkan hampir semua umat manusia merasakan manfaat yg luar biasa dari kalender masehi ini.

Inilah karya umat manusia yg telah terbukti memberikan kemudahan bagi urusan duniawi kita, seperti juga karya karya yg lainnya.

Semoga kita terus semakin dekat dengan Sang Pencipta waktu, bulan, dan matahari.

Bisakah dan kapankah umat islam memiliki Kalender Islam yang SATU, yang tidak lagi ada perbedaan dan menggantikan peran penanggalan masehi bagi urusan hidup dan kehidupan kita?

Selamat Tahun Baru 2016 Masehi

(Copy BC WA)

Leave a comment