Thumbnail Tidak Muncul saat Share Website di Facebook. Apa Solusinya? 341


Pernahkah anda mengalami kejadian dimana saat anda hendak membagikan (share) halaman website yang anda kelola tiba-tiba tampilannya di Facebook berbeda? Ya, ada yang menampilkan header saja, ada yang kosong tidak menampilkan gambar thumbnail, hanya keterangan judul saja, parahnya malah ada yang menampilkan thumbnail tapi tidak sesuai dengan ini tulisan yang diposting, misal postingnya tentang kuliner tapi tumbnail yang muncul malah dari artikel lain tentang kondisi dalam usus setelah 12 jam mencerna makanan. Tentu tidak nyambung.

Nah, untuk melakukan cek sudah benarkah thumbnail dari laman yang kita share, anda dapat memeriksanya melalui halaman Facebook Object Debugger. Masukkan laman anda, kemudian klik Fetch New ScrapeInformation. Lakukan hal tersebut hingga beberapa kali untuk mendapatkan tampilan terbaru mengenai halaman yang akan anda share. Jika setelah dilakukan fetch beberapa kali tetap tidak dapat menampilkan thumbnail yang memuaskan, maka permasalahannya terletak pada Open Graph yang tertanam pada laman web anda.

Bagi pengguna WP, anda dapat menggunakan plugin “Facebook Open Graph”Setelah menginstall plugin tersebut tanpa mengubah setting dan konfigurasi di dalamnya, lakukan kembali fetching sebagaimana di atas. Berdasarkan pengalaman, gambar thumbnail akan muncul sebagaimana yang kita maksud. Jika masih belum muncul juga, maka coba diperiksa, bisa jadi gambar yang dimaksud memang tidak tersedia di laman web kita.

 

Salam.

Leave a comment