Ramadlan dan Self Healing 8


Ramadlan adalah bulan dimana seorang muslim diwajibkan untuk berpuasa, yakni menahan diri dari hal yang membatalkan puasa semenjak datangnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Selain itu untuk memperoleh kesempurnaan puasa, muslim juga dituntut untuk menahan hawa nafsu dengan bersabar dan senantiasa mendekatkan diri pada-Nya.
Self Healing adalah sebuah metode dimana seorang manusia sejatinya memiliki kemampuan untuk mengobati diri sendiri. Dalam metode Self Healing jiwa manusia dituntut untuk memberikan motivasi atau dorongan kepada raga untuk membentuk antibodi dari dalam tubuh guna menambah kekebalan tubuh sehingga mampu menahan ataupun melawan penyakit yang menyerang.
Sebagaimana diketahui, dalam tubuh kita terdapat kemampuan untuk menghilangkan penyakit dengan sedikit konsentrasi dan bantuan alam (suhu, air, dan sebagainya). Misalnya orang yang mendadak menderita sakit kepala, maka sejatinya tak perlu ia bersusah payah mencari obat di apotek, cukup dengan beristirahat yang berkualitas maka tubuh akan dengan sendirinya mereduksi sakit tersebut. Atau orang yang mendadak mendapat serangan demam. Ia dapat memacu tubuh untuk sembuh dengan memberikan dorongan semangat dan manipulasi suasana, misalnya berselimut tebal agar keringat segera keluar. Apabila langkah tersebut telah dijalankan dengan baik maka perlahan demam yang mendera akan hilang dengan sendirinya.
Berpuasa adalah salah satu bentuk aplikatif dari self healing. Misalnya bagimana seseorang mampu menahan diri dari rasa lapar dan haus yang menyerang. Selama masa puasa, ia dapat menahan haus dan lapar dengan memberikan motivasi kepada tubuh untuk menahan rasa yang melilit, atau dengan mengalihkannya kepada hal lain misal dengan beraktivitas (bekerja) atau dengan tidur. Dalam kondisi tersebut tubuh dengan sendirinya akan dapat menyiapkan benteng untuk melindungi diri dari rasa melilit akibat lapar atau rasa kering di tenggorokan akibat haus.

Selama sebulan penuh pada bulan ramadlan seorang muslim secara tidak langsung diajarkan tentang bagaimana menahan diri. Hal tersebut yang menjadi dasar dari self healing. Kunci penting dari self healing adalah kesabaran dan kemampuan jiwa untuk memberi motivasi kepada tubuh untuk mereduksi rasa sakit yang mendera dan membuat antibodi yang akan melawan penyakit yang datang. Dengan menguasai hakikat puasa dengan setuhnya, maka selamat, anda telah menguasai salah satu bagian dari ilmu kedokteran, yakni Self Healing, pengoobatan dari diri sendiri.

Leave a comment