Ingin Berwisata ke Kota Lembang? Ikuti Tips Berikut. 332


 

Travelling saat ini hampir pasti menjadi aktifitas wajib, khususnya bagi masyarakat perkotaan. Travelling bukan hanya tentang bersenang-senang dan melakukan kunjungan ke tempat wisata, melakukan pekerjaan di lokasi yang jauh dari biasanya kita berada dapat pula diistilahkan travelling. Lembang sebagai salah satu lokasi tujuan travelling favorit masyarakat. Selain berwisata, banyak masyarakat yang bepergian ke lembang untuk tujuan bisnis, pembelajaran alam, dan sebagainya. Sebagaimana travelling pada umumnya, agar travelling yang anda lakukan semakin berkualitas, maka tidak ada salahnya jika anda melakukan beberapa hal berikut :

 

  1. Siapkan daftar agenda travelling anda. Menyiapkan daftar agenda menjadi kewajiban bagi seorang traveller agar kunjungan yang dilakukan dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Misalnya anda memiliki waktu libur selama satu hari dan ingin mengisinya dengan berkunjung ke rumah saudara yang berada di luar pulau, maka anda harus menyusun agenda apa yang akan dilakukan, misalnya pagi berangkat dari rumah, diperkirakan sampai lokasi pukul sepuluh, dilanjut dengan bertamu di rumah keluarga tersebut, lalu sekitar pukul dua siang berpamitan dan pulang, diperkirakan pukul lima sore sudah sampai rumah. Apabila anda tidak memiliki rencana agenda seperti di atas, maka bisa saja kunjungan yang anda lakukan akan lewat dari pukul 3 sore karena asyik bercengkerama dengan keluarga, akibatnya semakin petang anda pulang dan semakin larut sampai di rumah. Dalam menyiapkan agenda kunjungan, jangan lupa sisipkan jeda waktu sebagai antisipasi apabila terjadi keterlambatan disebabkan karena sesuatu hal, misalnya perjalanan yang biasanya daat kita tempuh dalam waktu dua jam, sisipkan jeda waktu 30 menit sebagai antisipasi kalau-kalau terjadi macet. Untuk perjalanan ke Lembang, maka anda dapat menentukan lokasi yang akan anda kunjungi, apakah itu Gunung Tangkuban Perahu, Wisata Ciater atau yang lainnya.
  2. Siapkan barang bawaan anda. Dalam sebuah kunjungan, sebaiknya seorang traveller terlebih dahulu menyiapkan barang apa yang hendak dibawa. Persiapan tersebut sebaiknya dilaksanakan beberapa hari sebelum keberangkatan. Hal ini penting karena apabila tidak disiapkan semenjak awal maka bisa jadi akan ada barang yang lupa tidak dibawa. Misalnya anda akan menempuh perjalanan selama tiga hari dua malam, tentu anda harus menyiapkan beberapa stel pakaian, perlengkapan mandi, obat-obatan ringan dan sebagainya. Berbeda lokasi dan agenda kunjungan maka berbeda pula barang yang perlu dibawa. Apabila anda melakukan kunjungan bernuansa camping, maka tentu anda tidak perlu membawa jas resmi plus sepatu pantofel. Adapun jika anda hendak mengikuti seminar di sebuah hotel , maka tentu anda tidak perlu membawa tenda plus pancangnya dalam ransel anda. Perjalanan ke Lembang tentu anda wajib membawa pakaian hangat misal sweater, mengingat di sana sangat dingin.
  3. Siapkan sarana pendukung kunjungan anda. Dalam melakukan travelling, anda perlu menyiapkan sarana pendukung, baik berupa transportasi maupun akomodasi. Dari sisi transportasi adalah tentang bagaimana cara anda berangkat menuju lokasi tersebut. Adapun akomodasi adalah dimana anda akan menginap saat melakukan travelling. Zaman dahulu, masalah transportasi dan akomodasi menjadi problem tersendiri bagi para traveller, karena jauh hari sebelum keberangkatan apabila menggunakan kendaraan umum maka mereka harus datang ke agen perjalanan dan memesan tiket untuk tanggal yang diinginkan, kemudian sesaat setelah sampai tujuan langsung memesan penginapan. Kesulitan travelling dengan cara ini adalah proses mengantre di agen tiket yang cukup menguras tenaga, ditambah tidak adanya kepastian apakah penginapan yang kita tuju itu kosong atau sudah terisi penuh. Saat ini, hal tersebut tidak lagi menjadi masalah. Dengan kemajuan teknologi, hal tersebut dapat diatasi dengan memesan transportasi dan akomodasi melalui aplikasi. Salah satu aplikasi pemesanan yang terpercaya dan cukup representatif adalah traveloka. Aplikasi ini dapat diakses melalui aplikasi aplikasi android yang dapat diambil di google play, atau secara online melalui situs Traveloka.com.

Demikian beberapa tips yang mungkin perlu anda perhatikan saat melakukan travelling. Semoga bermanfaat.

DSC-0420

Leave a comment