STOP DISTORSI INFORMASI 73


 

Sejenak kita alihkan fokus kita dari berbagai hal yang bertebaran di lini medsos kita, mulai dari hiruk pikuk pilkada kota lain, kisruh tafsir Al Maidah 51 tentang Wali, hingga tafsir An Nisa 3 tentang Poligami. Sejenak kita ngobrol tentang ” *Distorsi Informasi* ”

Mendistorsi perkataan orang lain saat ini terdengar “wajar” bagi masyarakat kita. Kuatnya semangat ” _dakwah bil *sharing*_ yang tidak diimbangi budaya _tabayyun_ membuat arus informasi melesat cepat menembus berbagai batas sosial. Ini kemudian dimanfaatkan oleh sebagian orang, untuk dengan sengaja melakukan distorsi informasi. Bahasa kerennya, “memelintir ucapan”.

Sebuah kisah menggambarkan bagaimana seekor kerbau bisa mati hanya karena sebuah opini, yang dibumbui dengan distorsi informasi.

1. Sehabis pulang dr sawah kerbau rebahan dikandang dengan wajah lelah dan nafas yang berat. Datanglah seekor anjing, kemudian kerbau berkata: “aah..temanku aku sungguh lelah dan kalau boleh besok aku ingin istirahat sehari saja”

2. Anjing pergi dan ditengah jalan dia berjumpa dengan kucing yang sedang duduk di sudut tembok, kemudian anjing berkata: “tadi saya bertemu dengan kerbau dan dia besok ingin beristirahat dulu. Sudah sepantasnya sebab boss beri kerjaan terlalu berat”

3. Kucing lalu bercerita kepada kambing: “kerbau komplain boss kasi kerjaan terlalu banyak dan berat, besok dia tdk mau kerja lagi”

4.Kambing pun bertemu ayam dan dia berkata: “kerbau tidak senang bekerja dgn boss lagi , mungkin ada pekerjaan yang lebih baik lagi”.

5. Ayam pun berjumpa dengan monyet dan dia bercerita pula: “kerbau tidak akan kerja lagi untuk boss dan ingin kerja ditempat yg lain”.

6. Saat makan malam monyet bertemu boss dan berkata: “boss si kerbau akhir-akhir ini telah berubah sifat nya dan ingin meninggalkan boss untuk kerja di boss yg lain”

7. Mendengar ucapan monyet sang boss marah besar dan tanpa bertanya terlebih dahulu dia lalu menyembelih si kerbau karena dinilai telah berkhianat kepadanya.

Ucapan asli kerbau: SAYA LELAH DAN BESOK INGIN ISTIRAHAT SEHARI.

Lewat beberapa teman ucapan ini telah berubah dan sampai kepada sang boss menjadi: “si kerbau akhir-akhir ini telah berubah sifatnya dan ingin meninggalkan bossnya dan kerja pada boss yg lain”.

Tersebut di atas adalah contoh adanya *Distorsi Informasi*. Oleh karenanya, sangat baik utk disimak beberapa hal berikut :

1. Adakalanya satu pembicaraan cukup berhenti hanya sampai telinga kita saja dan tidak usah sampai kepada telinga orang lain.

2. Jangan telan bulat-bulat atau percaya begitu saja setiap berita atau perkataan orang lain sekalipun itu keluar dr mulut orang terdekat kita. Kita perlu check and recheck kebenarannya sebelum bertindak atau memutuskan sesuatu, konfirmasi dan crosscheck kepada sumbernya langsung. Jangan asal share !!

3. Kebiasaan meneruskan perkataan / berita dari orang lain tanpa klarifikasi adalah *tidak baik*. Apalagi jika dilakukan dengan menambah atau menguranginya atau menggantinya dengan persepsi dan asumsi kita sendiri, ini bisa berakibat fatal.

4. Bila ragu dengan ucapan / berita dari seseorg atau siapapun sebaiknya kita bertanya langsung kepada yg bersangkutan utk menanyakan kebenaran informasi tsb.

Note: jadikan diri kita filter sehingga kita tidak mendatangkan celaka bagi orang lain.

SEMOGA BERMANFAAT.. ..

fb_img_1475886368626

Jangan ada Distorsi Informasi di antara kita.


Error: Unable to create directory wp-content/uploads/2017/10. Is its parent directory writable by the server?

About Gandhung Fajar Panjalu

Pembelajar yang masih belajar bagaimana cara untuk belajar


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wajib Diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

73 thoughts on “STOP DISTORSI INFORMASI