Waspadai Gambar HOAX, Berikut Cara Mengetahui Keasliannya 195


Waspadai Gambar Hoax, Berikut Cara Mengetahui Keasliannya

 

Abstrak : Mengutip data Unesco, disebutkan bahwa Indonesia berada pada urutan 60 negara literasi. Hanya selisih satu tingkat di atas Botswana, salah satu negara di Afrika Selatan. Dalam data tersebut disebutkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001%. Akan tetapi, dalam data tersebut juga disampaikan bahwa 52% alias 132 juta masyarakat Indonesia sudah melek internet. Penelitian tersebut juga menempatkan Indonesia sebagai negara kelima terbanyak di dunia dalam kepemilikan telepon pintar (Smartphone). Karlina Supelli, seorang aktivis perempuan menyebutkan, meskipun Indonesia dalam kondisi darurat literasi sebagaimana di atas, namun Indonesia adalah negara nomor 5 paling cerewet di dunia maya. Masyarakat kota Jakarta bahkan dapat menghasilkan 15 cuitan (twit) per detik di dunia maya. Dari ketiga variabel tersebut di atas (rendahnya minat baca, tingginya kemampuan “melek internet”, dan vokalnya masyarakat di dunia maya), dapat dibayangkan bagaimana informasi palsu (hoax) sangat mudah tersebar. Di sisi lain, tidak sedikit masyarakat yang “Gagah di dunia maya, Gagap di dunia nyata”.

Salah satu modus penyebaran berita palsu adalah dengan memberikan gambar yang menyentuh perasaan, padahal gambar tersebut adalah rekayasa. Misal untuk mengais donasi korban bencana alam, maka alih-alih menggunakan foto kejadian sebenarnya, beberapa orang malah menggunakan gambar yang asal comot di internet, padahal gambar tersebut bukanlah gambar kejadian bencana alam yang sebenarnya, hanya cuplikan dari sebuah film, misalnya. Nah, bagaimana cara mengetahui keaslian sebuah gambar?

favicon-ico

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan.

  1. Cara Manual

Untuk menggunakan cara ini, anda harus terlebih dahulu mengunduh (download) gambar yang akan diklarifikasi kebenarannya, kemudian cek melalui google. Caranya, masuk ke Google Image (www.google.com/imghp), lalu klik telusuri, kemudian unggah (upload) gambar yang hendak diklarifikasi. Lalu tekan enter. Maka, muncullah berbagai gambar yang sama dengan gambar yang anda miliki. Dari beberapa gambar yang muncul tersebut, anda dapat menyeleksi keaslian suatu gambar berdasarkan masa pengunggahan (mana yang lebih dahulu diunggah), kesesuaian gambar dengan keterangan yang menyertainya, dan sebagainya.

  1. Cara Otomatis

Untuk menggunakan cara ini, anda dapat memanfaatkan aplikasi TurnBackHoax yang dirilis oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). Caranya, install aplikasi TurnBackHoax (bitly.com/turnbackhoax) di peramban Chrome. Keunggulan cara ini, selain dapat mencari tahu keaslian sebuah gambar atau berita, anda juga dapat memasukkan ke database TurnBAckHoax apabila anda meyakini bahwa berita tersebut hoax. Untuk cara penggunaan dapat anda baca melalui panduan (bit.ly/manual-tbh), atau dengan menyaksikan video berikut (bit.ly/video-tbh )

 

Sebagai tambahan, anda dapat mengetahui berbagai macam berita dan gambar yang telah ditandai sebagai berita hoax melalui database TurnBackHoax (data.turnbackhoax.id).

Ayo  turut serta menjadi bagian dari masyarakat yang jujur dan anti terhadap segala bentuk pembodohan melalui berita palsu. Jangan justru menjadi bagian dari pembuat, penyebar dan orang yang selalu mempercayai berita hoax tanpa melakukan klarifikasi sebelumnya.

 

Catatan Lain :

Inilah dosa para penyebar berita hoax

Hentikan Distorsi Informasi

 

 

Source :

bbc.com/indonesia/laporan_khusus/2013/12/131228_tokoh_november_karlina_supelli

m.jpnn.com/news/parah-minat-baca-indonesia-rendah-banget

Leave a comment