Inilah 7 Keistimewaan Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018


Kurang dari 10 hari mendatang, tepatnya pada tanggal 31 Januari 2018 akan berlangsung fenomena Gerhana Bulan Total. Uniknya, Gerhana Bulan Total ini memiliki berbagai keistimewaan. Mau tahu apa saja keistimewaannya? Yuk simak bersama 7 Keistimewaan Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018 tersebut :
1. Terjadi Saat “Supermoon”
Disebut supermoon dikarenakan saat itu bertepatan dengan fenomena Supermoon, dimana bulan berada di posisi perigee (titik terdekat dari bumi), yakni sekitar 360.000 km dari bumi. Hal ini membuat bulan tampak lebih besar daripada kondisi lainnya. Diameter sudut bulan mencapai 33’09”. Cukup besar dan terlihat jelas untuk diamati, meski dengan mata telanjang.

 

2. Kondisi Bulan “Bluemoon”
Disebut bluemoon disebabkan gerhana bulan ini teradi pada saat bulan purnama kedua dalam kalender masehi. Pada bulan Januari 2018 ini, memang terdapat dua kali Bulan Purnama. Pertama terjadi pada tanggal 2 Januari, dan kedua akan terjadi tanggal 31 Januari.

 

3. Saat Gerhana, terjadi “Redmoon”.
Pembiasan cahaya matahari yang berfrekuensi rendah dari matahari oleh atmosfer bumi yang terjadi pada saat puncak Gerhana Bulan Total menjadikan bulan tampak berwarna merah. Cahaya tersebut tidak berinteraksi di atmosfer bumi, tetapu lurus menuju umbra bumi. Nah, karena saat puncak Gerhana Bulan Total bulan berada di wilayah umbra bumi, maka bulan akan tampak menjadi merah seperti darah. Oleh karenanya, selain disebut Redmoon, biasa juga disebut Bloodmoon.

 

4. Waktu Terjadinya Gerhana.
Tidak seperti apa yang sering dibayangkan oleh masyarakat bahwa untuk menikmati Gerhana Bulan harus menunggu datangnya tengah malam, Gerhana Bulan kali ini terjadi hanya sesaat setelah matahari tenggelam. Awal Gerhana Penumbra terjadi pukul 17.51 WIB. Kemudian, Awal Gerhana Parsial pukul 18.48 WIB. Gerhana Total terjadi mulai pukul 19.51 WIB dan mencapai puncaknya pada pukul 20.59 WIB. Gerhana Total berakhir pada pukul 21.07 WIB, kemudian menyusul Gerhana Parsial yang berakhir pukul 22.11 WIB dan ditutup dengan akhir Gerhana Penumbra pukul 23.08 WIB.

 

5. Proses Gerhana yang Cukup Lama
Keistimewaan lain dari Gerhana Bulan Total ini adalah prosesnya yang terbilang cukup lama. Rentang waktu puncak Gerhana Total selama 1 jam 16 menit. Bahkan, Jika dihitung dari awal hingga akhir Gerhana Penumbra, menghabiskan waktu selama 5 jam 17 menit.

 

6. Dapat diamati dari berbagai penjuru
Peristiwa ini dapat diamati di seluruh Asia, Australia, Wilayah Pasifik dan Amerika bagian Barat. Tentu dengan catatan tidak ada yang menghalangi pengamatan.

 

7. Terbesar Abad Ini
Melihat berbagai keistimewaan di atas, tentu sayang jika Gerhana Bulan Total ini terlewatkan. Tentu ini bukan peristiwa satu-satunya. Kata penyair, “nothing new under the moon”, khan? Sayangnya, peristiwa ini baru akan terulang kembali 150 tahun kemudian, alias 1,5 abad lagi. Yakin mau melewatkan begitu saja?