Mau Lihat Gerhana Bulan Total ? Siapkan Hal Berikut !


Tanggal 31 Januari 2018 akan menjadi tanggal yang istimewa, terutama bagi anda yang tidak mau melewatkan peristiwa istimewa yakni terjadinya Gerhana Bulan Total. Fenomena alam yang terjadi dengan berbagai keistimewaannya ini, tentu sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja. Bagi anda yang hendak menyaksikan fenomena alam tersebut, setidaknya penting bagi anda untuk melakukan persiapan secara matang. Apa saja yang perlu disiapkan? Yuk, simak tips berikut :

 

  1. Teleskop. Tentu ini bukanlah hal yang wajib, mengingat Gerhana Bulan dapat disaksikan meski dengan mata telanjang. Namun bagi anda yang ingin menyaksikan perubahan yang terjadi pada bulan secara detail, tentu anda membutuhkan teleskop. Anda tidak harus mengunakan teleskop mahal dan otomatis. Bahkan, dengan teleskop handmade sekalipun anda dapat melihat detail perubahan tampilan bulan. Menarik, bukan?

 

  1. Kamera. Hari gini melihat peristiwa menarik tanpa mengabadikannya dalam gambar? Kayaknya gak mungkin deh. Bagi para kids jaman now, keberadaan kamera (baik kamera poket, DSLR, maupun kamera smartphone) menjadi pendamping setia yang siap mengabadikan peristiwa menarik yang terjadi. Bagi yang hanya memiliki kamera smartphone, jangan berkecil hati. Dengan pengaturan kamera yang tepat (pada beberapa kamera terdapat settingan manual untuk mengatur ISO, speedshutter, dll), anda akan dapat menghasilkan gambar yang instagramable.

 

  1. Makanan. Yang ini sih, bukan wajib, tapi penting lhow!. Mengingat Gerhana Bulan terjadi dalam tempo yang cukup lama. Awal Gerhana Penumbra terjadi pukul 17.51 WIB. Kemudian, Awal Gerhana Parsial pukul 18.48 WIB. Gerhana Total terjadi mulai pukul 19.51 WIB dan mencapai puncaknya pada pukul 20.59 WIB. Gerhana Total berakhir pada pukul 21.07 WIB, kemudian menyusul Gerhana Parsial yang berakhir pukul 22.11 WIB dan ditutup dengan akhir Gerhana Penumbra pukul 23.08 WIB. Jika dihitung dari awal hingga akhir Gerhana Penumbra, menghabiskan waktu selama 5 jam 17 menit. Bahkan, lama waktu puncak Gerhana Total selama 1 jam 16 menit. Untuk mengisi waktu menyaksikan proses gerhana tersebut jangan lupa menyediakan makanan, minimal makanan ringan agar pengamatan menjadi lebih asyik.

 

  1. Teman. Yakin mau menikmati fenomena terindah abad ini secara sendirian? Kayaknya enggak deh. Lebih baik ajak teman, kerabat ataupun keluarga anda untuk menyaksikan peristiwa alam tersebut. Lagipula, memanfaatkan waktu spesial bersama orang spesial tentu menjadi kenangan yang tidak mudah dilupakan.

 

Jika semuanya sudah lengkap, maka tentu anda dapat melakukan pengamatan dengan sempurna. Mengamati gerhana bersama-sama, berbagi informasi bersama, dan ditutup dengan shalat gerhana bersama-sama. Keren, bukan? Bagaimana, sudah siap untuk menyaksikan Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018?