Bertekad Bulat Menjaga Kebersamaan Umat


Tujuh puluh tiga tahun silam, tanggal 3 Januari 1946 diterbitkanlah Penetapan Pemerintah nomor I/SD dibentuk Departemen Agama dengan Menteri Agama H.M. Rasjidi, B.A. Oleh karenanya hingga saat ini tangal 3 Januari diperingati sebagai Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama. Tema yang diusung dalam HAB 2019 adalah “Jaga Kebersamaan Umat”. Tema yang menarik ditengah menjamurnya ilmuwan maupun agamawan yang bersikap partisan dan menomorsekiankan kebersamaan.

Sejatinya, agamawan memegang peran penting dalam berbagai hal. Penelitian Pew Research Center (23 Desember 2015) menunjukkan bahwa 95% warga Indonesia menganggap bahwa agama itu penting. Angka tersebut menempatkan Indonesia berada pada urutan tiga di bawah Ethiopia (98%) dan senegal (97%). Sementara negara lain di sekitar kita berada di bawahnya, seperti Filipina (87%) dan Malaysia (84%).

Maka, wajar kiranya jika Kementerian Agama melalui HAB 2019 mengajak para agamawan untuk tetap menjaga Kebersamaan. Berbeda itu adalah hal yang wajar. Namun, di balik perbedaan, dibutuhkan kebersamaan. Unity in diversity. Maka, di tahun politik yang rawan gesekan dan konflik ini, mari kita sempatkan waktu untuk bergandengan tangan, melupakan sekat perbedaan yang ada, lalu bersama-sama berjalan beriringan menuju kebangkitan. Filosofi sapu lidi menjadi dasar bahwa kebersamaan-lah yang mampu menghilangkan potensi kerusakan dan kejahatan di sekitar kita. Mari tetap bersama, menjaga kebersamaan umat. Selamat Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-73, Tahun 2019.