Lebaran Era Digital


Era digital membawa perubahan dalam berbagai aspek, termasuk dalam berhari raya.
.
Malam takbiran, tak perlu lagi berarak-arakan keliling kampung sambil bawa kentongan, bedug, galon, panci, dll. Cukup putar playlist takbiran dari youtube, masukkan ke speaker aktif di rumah-rumah. Uniknya, model takbirannya bisa disesuaikan, mau yang “B-aja”, aliran DJ, koplo, reggae, hingga deathmetal. Sembari HP memutar playlist, kita bisa melakukan aktifitas lain, bakar mercon, misalnya.
.
Oh ya, di era digital ini, merconnya bisa online lhow… Bukan hanya sekedar tampilan kembang api dengan suara “dor”, tapi ada cara lain. Hakikat dari mercon kan untuk mengagetkan orang, nah kita bisa melakukan itu di era digital. Kirimkan pesan ke pak bos anda “pak, aku hamil dan bapak harus tanggung jawab”. Dijamin pak bos akan terkaget-kaget. Ini tidak berlaku bagi yang bernama joko, bambang, dan yang sejenisnya.
.
Kunjungan ke saudara? Hufth, ngabisin bensin aja. Apa gunanya itu grup WA bejibun. Maap-maapan lewat situ kan bisa. Lumayan buat menghindari pertanyaan “ih, tambah gendut ya?, pacarmu mana?, udah nambah anak belom? Kapan nikah lagi? Kapan mati?” dan sebagainya.
.
Jangan lupa minta maaf ke kawan (atau musuh) pas mabar. Ingat, merekalah penyelamat kehidupan “nolep”-mu. Maaf ya Alucard, Leomord, Gusion, Miya (tanpa khalifa), dll.
.
Baju baru? Buat apa! Di era ini kau bahkan bisa salaman dan bermaaf-maafan sama pejabat meski hanya pake kaos oblong dan sarung kusut. Yang penting itu foto profil kekinian, dan jangan lupa, siapkan skin hero yang terbaik.
.
Dari sisi tuan rumah, lebaran digital ini sangat praktis, ekonomis dan miris, lhow. Buat suguhan, tak perlu harus nyiapin rengginang, coklat, sirup, dll. Yang penting, siapkan meme yang banyak untuk jadi hidangan lebaran. Diupayakan meme dalam bentuk foto, agar tidak menghabiskan quota rakjel dan sobat missqueen di grup.
.
Angpao lebaran? Gak guna. Percuma saja, soalnya paling cuman bagus bungkusnya doang, isinya ceban. Mending transferin ovo atau paket data kan bisa.
.
Nah, semoga lebaran ala digital ini dapat membawa keberkahan dan mengantarkan hape-hape kita ke surga? Orangnya? Jangan harap, wong yang lebaran hapenya.
.
Salam.

Gandhung Fajar Panjalu

Gandhung Fajar Panjalu