Bulan Akan Mengitari Ka’bah, Benarkah?


Bulan akan mengitari ka’bah. Benarkah?
.
Jika anda menerima info screenshoot bahwa bulan akan mengelilingi ka’bah pada pukul 3.25 nanti, dapat dipastikan info tersebut hoax alias palsu. Mengapa?
.
Karena pergerakan bulan adalah membentuk pola dari timur ke arah barat, dan tidak akan berkeliling maupun putar-balik. Jika diperhatikan, malam ini justru bulan di langit makkah akan tenggelam pukul 00.41 waktu makkah. Artinya, pada pukul 03.25 WIB alias pukul 23.25 waktu makkah, bulan berada pada sudut 24 derajat. Sudut yang sangat rendah dan melawan sunnatullah jika kemudian memutari ka’bah.
.
Ditambah lagi, info pada screenshoot tersebut menyatakan bahwa langit akan berwarna biru muda. Padahal, pada pukul 03.25 adalah saat di mana cahaya matahari belum muncul sehingga langit akan berwarna hitam. Kalaupun menunggu cahaya matahari muncul, maka warnanya adalah merah muda, bukan biru.
.
Kabar hoax ini sebelumnya telah berrdar pada 2017, muncul lagi akhir 2018, awal 2019, lalu heboh lagi agustus 2019 ini. Polanya sama, mengajak orang untuk beribadah, serta memerintah pembacanya untuk turut serta menyebarkan info hoax tersebut.
.
Semoga kita terhindar dari berita hoax.

Leave a comment