Menikmati Malam Langit Gelap


Berdasarkan Undang-Undang nomor 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan, ditetapkan bahwa Hari Keantariksaan diperingati setiap tanggal 6 Agustus. Oleh karenanya, LAPAN sejak beberapa tahun silam mengampanyekan gerakan untuk menikmati antariksa pada setiap tanggal 6 Agustus malam hari. Untuk mempermudah pengamatan langit, LAPAN mengajak masyarakat untuk mematikan lampu luar ruangan selama 1 jam, mulai pukul 20.00-21.00.

Pada malam tersebut, karena bulan Agustus berada dalam rangkaian musim kemarau, kita akan dapat melihat bintang yang bertebaran di langit. Dari barat, akan terlihat secara berjajar planet Venus, Jupiter, Saturnus dan Mars. Selain itu, bentang sabuk Milkyway akan semakin mempercantik layar langit.

Bagi yang hendak mengabadikan dengan Handphone, ikuti tips berikut :

Alat :

1. Handphone, dengan pengaturan kamera mode Pro atau Manual.

2. Tripod, sebagai penyangga agar handphone tidak bergerak karena gerakan sekecil apapun akan berpengaruh pada hasil jepretan. Jika tidak ada, bisa menggunakan alat bantu lain (saya biasa menggunakan batu & sandal jepit).

3. Jaket tebal penghalau hawa dingin, kopi dan cemilan sebagai teman begadang. 😂😂😂.

Cara :

1. Atur kamera HP pada mode pro/manual. Setting speedshutter minimal 16 detik (lebih banyak lebih baik) serta ISO antara 800-3200. Semakin lama speedshutter, semakin banyak cahaya yang ditangkap. Namun jika terlalu lama maka hasil gambar menjadi panjang (startrail). Semakin besar ISO, makin banyak pula titik cahaya yang ditangkap meski kemudian berefek pada banyaknya noise yang muncul.

2. Gunakan timer antara 2-5 detik, untuk memastikan HP tidakbergetar setelah kita pencet tombol shutter.

3. Arahkan HP pada bentang bintang yang hendak dibidik. Untuk hasil lebih maksimal, gunakan peta bintang seperti Stellarium, atau sejenisnya.

4. Klik shutter, lalu tunggu selama masa timer plus speedshutter yang anda atur. Jika sudah, lihat hasilnya serta ulangi beberapa kali untuk menghasilkan gambar terbaik.

Untuk semakin mempercantik tampilan, gunakan aplikasi pengolah citra pada HP seperti Photoshop Expres, Lightroom, maupun Snapseed. Mainkan perubahan saturasi, brightness, contrast, dan pilihan lain yang ada.

Mudah kan? Mari malam nanti kita menikmati langit gelap, di manapun berada. Meski aku di sini dan kau di sana, bukankah kita sedang memandang langit yang sama?

Salam.