Selamat Tahun Baru Hijriyah


Berdasarkan data empiris, Hilal (bulan baru) pada saat tenggelamnya matahari tanggal 30 Agustus nanti belum dapat dilihat di Surabaya dan sekitarnya, karena berada di bawah ufuk. Barulah esok saat matahari tenggelam, hilal berada pada ketinggian 12 derajat. Akhirnya, didasarkan pada ilmu Hisab Rukyat, tahun baru Hijriyah 1441 bagi masyarakat Indonesia akan jatuh pada tanggal 1 September 2019.
.
Perburuan terhadap awal bulan, sejatinya menjadi hal yang menarik untuk diikuti. Setiap akhir bulan hijriyah, banyak pihak meluangkan waktu untuk mengamati keberadaan hilal. Terlebih, untuk mencari bulan baru (new moon) dari beberapa bulan tertentu, yakni Ramadlan, Syawwal dan Dzulhijjah.
.
Biasanya, para pemburu hilal akan menggunakan berbagai alat yang dimiliki. Dalam beberapa bulan terakhir, tercatat 12 kali kami menugaskan mahasiswa/i program studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) FAI UMSurabaya untuk terlibat melakukan pengamatan rukyatul hilal. Lokasi pengamatan biasanya disebar, mulai dari Tanjung Kodok Lamongan, Bukit Condrodipo Gresik, hingga LAPAN Pasuruan.
.
Selain mengejar bulan baru, mahasiswa/i juga selalu terlibat aktif dalam mengamati fenomena alam, mulai dari gerhana matahari, gerhana bulan, oposisi planet, hingga mengabadikan keindahan langit melalui astrofotografi. Tak hanya memahami dan mempraktekkan ilmu falak yang diajarkan di kelas, sebagian mahasiswa juga mampu utuk mengaplikasikan menjadi prakarya sebagai alat bantu pembelajaran. Pengukur arah kiblat berbasis laser, teleskop hand-made, hingga yang terbaru, papan penunjuk derajat & bentuk bulan (Aina Luna Board).
.
Alat-alat tersebut biasa digunakan saat edukasi Astronomi Islam bersama murid-murid SD maupun SMP pada beberapa sekolah di sekitar wilayah surabaya. Mahasiswa diminta menjadi fasilitator untuk agenda ice breaking permainan-permainan yang berkaitan dengan Astronomi Islam, semisal ulartangga, roket air, dan lain-lain.
.
Akhirnya, selamat menyongsong tahun baru hijriyah tahun 1441. Semangat hijrah, semangat pergerakan, semangat pembaharuan